Gudang, Warehouse pengertian

cargotpm
0
Gudang Hotel Pengiriman TPM Cargo Logistik

Gudang adalah sebuah bangunan yang digunakan untuk menyimpan barang-barang atau bahan-bahan. Biasanya, gudang digunakan oleh perusahaan, pabrik, atau pedagang untuk menyimpan barang sebelum dijual atau dikirim ke tempat lain (wikipedia)

Warehouse menurut Fred E. Meyers dan Matthew P. Stephens dalam Manufacturing Facilities Design and Material Handling (2002), apa yang dimaksud dengan warehouse adalah tempat penyimpanan barang, baik bahan baku yang akan digunakan dalam proses manufaktur maupun barang jadi yang siap dikirimkan.

Dalam penjelasannya, Meyers dan Stephens juga menuturkan bahwa kegiatan pergudangan (warehousing) tidak hanya kegiatan penyimpanan barang saja melainkan proses penanganan barang mulai dari penerimaan barang, pencatatan, penyimpanan, pemilihan, penyortiran, pemberian label sampai proses pengiriman barang.


Sementara itu, menurut Bartono Sutrisno dalam Manajemen Pergudangan dan Distribusi (2005), warehouse atau gudang bukan hanya tempat penyimpanan barang, melainkan juga tempat yang berfungsi untuk proses pengendalian dan mengefisiensikan biaya transportasi dan produksi. Di dalamnya, masih menurut Bartono, terjadi proses koordinasi antara penawaran dan permintaan yang sering terjadi fluktuasi di pasar.

Terakhir, merujuk Indonesia Productivity & Quality Institute (IPQI), warehouse dapat digambarkan sebagai bagian dari suatu sistem logistik sebuah perusahaan yang berfungsi untuk menyimpan produk dan menyediakan informasi mengenai status serta kondisi material/persediaan yang disimpan di gudang, sehingga informasi tersebut selalu up-to-date dan mudah diakses oleh siapa pun yang berkepentingan. (sumber : waresix.com)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)